WIKA PHOTO VOLTAIC SYSTEM (WIKA PV)

WIKA PHOTO VOLTAIC SYSTEM (WIKA PV)

Bumi indonesia yang beriklim tropis dan terletak di daerah khatulistiwa sangat kaya akan energi gratis matahari. Selain untuk dapat dimanfaatkan langsung sebagai pemanas, energi matahari tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik melalui proses photovoltaic. Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah solusi yang sangat tepat bagi penyediaan energi listrik wilayah Indonesia yang berdiri dari ribuan pulau yang tersebar!.

.

Wika Photovoltaic merupakan sebuah sistem yang mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik. Modul Photovoltaic Wika akan melakukan proses konversi pada siang hari dan kemudian menyimpan energi listrik ke dalam baterai/powerbank. Battery Control Regulator akan mengatur penggunaan energi tersebut pada malam hari, untuk menyalakan berbagai perangkat yang terhubung. Produk ini juga merupakan solusi yang tepat untuk daerah yang jauh atau bahkan tidak terjangkau oleh instalasi listrik.

.

WIKA PV selalu berkomitment untuk menghasilkan produk-produk pembangkit listrik tenaga surya dengan kualitas dan performa terbaik.

Listrik yang dihasilkan panel surya ini adalah listrik dengan arus searah (Direct Current). Sehingga dalam penggunaannya diperlukan inverter untuk mengubah listrik searah (DC) menjadi listrik bolak-balik (Alternating Current). Hal ini disebabkan sebagian besar device atau peralatan rumah tangga menggunakan listrik bolak balik (AC) dengan tegangan 220 Volt. Jumlah listrik yang dihasilkan dari inverter ini diukur atau dihitung dalam besaran watt. 

Ada 2 point penting yang harus dihitung atau dipertimbangkan jika kita ingin menginstalasi PLTS dirumah kita.

  1. Menentukan besaran watt dari inverter yang kita gunakan. Besaran watt inverter yang kita gunakan ditentukan dari besarnya kebutuhan watt yang ini kita backup. Contoh, Jika kebutuhan daya total rumah kita adalah 200 watt/hour, maka kita harus memilih tipe inverter dengan daya 300 watt/hour. Inverter ini boleh dengan nilai daya lebih dari beban/jam tetapi tidak boleh kurang dari daya beban/jam.
  2. Menentukan tipe baterai yang kita gunakan. Berapa lama baterai ini kita inginkan untuk mem-backup kebutuhan listrik rumah kita. Contoh kita memilih baterai dengan nilai 12 Volt 100Ah, maka kemampuannya berarti adalah P=V*l, P=12*100, maka daya baterai adalah 1200 watt. kemudian berapa lama baterai tersebut dapat membackup kebutuhan lsitrik rumah kita jika daya total rumah kita adalah 200 watt/hour? Caranya adalah dengan membagi kemampuan maksimal batterai dengan daya total rumah kita, berarti 1200 watt : 200 watt =6jam

Powered by © 2019 PT JOGJA SURYA SELARAS